27 July 2022 09:10 WIB

Dampak Buruk Memaksa Melipat Spion Otomatis

Fitur-fitur pada mobil kini semakin mempermudah pengemudinya, bahkan sampai hal terkecil sekalipun. Salah satu fitur sederhana yang sangat bermanfaat tersebut adalah Electronic Retractable Mirror atau spion lipat elektrik. Fitur ini sendiri sudah tersedia pada berbagai mobil Hyundai, misalnya Hyundai Creta, Hyundai Palisade hingga Hyundai Staria.

Dengan sentuhan tombol, maka spion akan membuka atau menutup secara otomatis, tidak perlu repot mengeluarkan tangan maupun meraih sisi penumpang untuk membuka spion.

Baca juga: Spion Lipat Hyundai Staria: Permudah Akses Jalan Sempit

Namun, terkadang spion tersebut ditutup dengan cara dipaksa. Misalnya didorong, atau karena terbentur objek lain, misalnya tersenggol di jalan.

Ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi. Bila terbentur dengan keras, kaca dari spion bisa saja terlepas dari housing dan bisa pecah. Kemudian, jika dipaksa dilipat secara manual, gigi pada mekanisme pelipatan bisa rusak.

Jika sudah rusak, maka perlu dilakukan penggantian mekanisme spion yang biasanya dijual satu set dengan spionnya.

Apakah ada cara mencegahnya? Tentu saja, yaitu dengan tidak memaksa buka atau tutup spion otomatis secara manual.

Bila tertutup secara manual karena benturan misalnya, buka dengan menekan tombol lipat untuk mencegah kerusakan pada gigi dari mekanisme secara lebih lanjut.

Jika dipakai dengan halus dan tidak ada paksaan, maka fitur ini bisa bertahan selama kira-kira 5 tahun, bahkan lebih.

Jika memang ada kendala pada spion maupun fitur lainnya pada mobil Hyundai kesayangan Anda, maka sebaiknya menggunakan layanan bengkel resmi dari PT Hyundai Mobil Indonesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

Sudah tahu kan bagaimana menyelesaikan masalah itu? Yuk segera lakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.