26 August 2020 07:35 WIB

Fitur Penting Hadapi Cuaca Ekstrem

Faktor pertimbangan Hyundai untuk terus meningkatkan kualitas dalam berkendara adalah keselamatan dan keamanan, terutama dalam menghadapi cuaca yang ekstrem. Pasalnya, akhir-akhir ini hujan terus menerus menerpa beberapa bagian di Indonesia. 

Untuk mengatasi masalah tersebut caranya adalah menyematkan teknologi pendukung keselamatan dan keamanan mutakhir pada seluruh mobil modern yang dilahirkan Hyundai. Untuk pengaturan tersebut tertera pada fitur Vehicle Stability Management (VSM).

VSM berfungsi memastikan kendaraan tetap stabil saat berakselerasi atau mengerem tiba-tiba di jalan yang basah, licin dan kasar dimana traksi pada keempat ban tiba-tiba bisa menjadi tidak rata. 

Peran vital VSM saat musim hujan sangat cocok untuk mencegah mobil tergelincir ketika dikemudikan. Cara kerja VSM menggunakan sensor, yang dibantu oleh steering sensor dan corner sensor.

Fitur ini beroperasi ketika Electronic Stability Control (ESC) aktif dengan kecepatan kendaraan kira-kira di atas 15 km/jam di jalan tikungan, dan kecepatan kendaraan melewati 30 km/jam saat kendaraan mengerem di jalan yang kasar. Ketika menerapkan rem dalam kondisi yang dapat mengaktifkan ESC, fitur ini akan mengeluarkan suara dari rem, atau merasakan sensasi yang sesuai di pedal rem. Ini normal dan berarti VSM sedang aktif.

Selain itu, VSM bekerja berdasarkan sistem rem ABS sehingga ketika mendeteksi mobil berpotensi tergelincir, rem ABS secara otomatis akan aktif bekerja untuk menstabilkan kendaraan dan mobil tetap bisa dikontrol dalam kondisi permukaan jalan yang tidak rata dan tergenang air.