12 May 2021 17:30 WIB

Forward Collision-Avoidance Assist Cegah Hyundai Tabrak Depan

Hyundai Santa Fe sangat peduli dengan penggunanya. Hyundai punya beragam teknologi, yang mencoba sebisa mungkin untuk mencegah terjadinya tabrakan, terlebih telah didukung fitur Hyundai SmartSense.

Ini karena diantara fitur-fitur canggih Hyundai SmartSense, terdapat satu fitur yang bisa mencegah Hyundai Lovers menabrak mobil atau objek lain yaitu Forward Collision-Avoidance Assist atau FCA.

Sistem FCA bekerja dengan sebuah sensor yang serupa dengan radar yang menembakkan sinyal khusus ke depan mobil. Bila sinyal tersebut memantul kembali, maka mobil mengetahui bahwa ada objek lain di depan, misalnya mobil lain.

Jika mobil di depan berjalan seperti biasa, tidak akan ada masalah. Namun, bila mobil depan mendadak berhenti dan Anda tidak segera menginjak rem, Hyundai Santa Fe akan “menginjak” rem untuk Hyundai Lovers.

Secara otomatis, mobil pun akan berhenti. Kecelakaan pun bisa dicegah karena komputer memang seringkali memiliki respon yang lebih cepat dari manusia.

Badan National Highway Traffic Safety Administration dari Amerika Serikat pun menilai bahwa tabrak belakang bisa menyebabkan lebih dari 500.000 cedera dan hampir 2.000 kematian setiap tahunnya. Maka, fitur serupa FCA sendiri direncanakan akan menjadi standar di semua mobil pada tahun 2025 di Amerika Serikat.

 

Share