17 January 2022 10:24 WIB

Baterai Mobil Listrik Hyundai Dilengkapi Buffer Agar Makin Awet

Baterai pada mobil listrik seperti Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric adalah komponen yang sangat penting. Tentu jelas, bagi kedua mobil ini, baterai adalah bahan bakar mereka.

Kondisi baterai pun harus diperhatikan dan dibuat seawet mungkin. Karena bila terjadi malfungsi, jarak tempuh dari mobil bisa berkurang atau bahkan membuat mobil tidak menyala.

Baca juga: Posisi Baterai Hyundai Ioniq Electric Jaga Mobil Tetap Stabil

Salah satu cara engineer Hyundai memaksimalkan masa hidup baterai mobil listrik adalah dengan menggunakan buffer tersembunyi pada baterai tersebut.

Maksud dari buffer tersembunyi adalah baterai tidak diutilisasikan sepenuhnya. Sehingga, ketika baterai berada pada posisi 100%, secara fisik sebenarnya bisa menampung lebih. Begitu juga ketika 0%, selalu disiapkan daya cadangan yang tidak akan keluar.

Hal ini karena baterai lithium-ion yang digunakan akan menurun kualitasnya ketika mengalami siklus 0 dan 100 secara terus menerus. Dengan adanya buffer ini, maka baterai akan lebih aman dan lebih tahan lama.

Sehingga, Hyundai Lovers pun tidak perlu khawatir saat menggunakan mobil listrik dari PT Hyundai Mobil Indonesia, baik itu Hyundai Ioniq, maupun Hyundai Kona Electric.