29 March 2021 05:00 WIB

Freon Modern Kini Lebih Ramah Lingkungan

AC dingin merupakan dambaan bagi setiap pemilik mobil di area tropis. Angin sejuk yang melawan hawa panas lingkungan akan membuat berkendara naik mobil menjadi jauh lebih nyaman.

Darah bagi sistem AC adalah freon, cairan pendingin yang akan mendinginkan udara. Freon merupakan zat cair yang bertugas menyerap panas laten pada sistem AC melalui proses penguapan di evaporator. 

Namun, freon sempat dicap sebagai cairan yang tidak baik untuk lingkungan. Mengapa? Karena salah satu jenis freon paling awal yaitu jenis R12 terbukti menjadi salah satu penyebab termakannya lapisan ozon pada bumi. Tentunya akan berbahaya bila lapisan ozon menipis atau bahkan bolong, suhu bumi akan meningkat yang kemudian menjadi global warming. Hal ini membuat penjualan mobil baru dengan freon R12 dilarang di beberapa negara, misalnya Amerika Serikat yang melarangnya di tahun 1994.

Tetapi freon masa kini sudah tidak demikian karena sudah menggunakan cairan terbaru yaitu jenis R134a. Jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan R12 dan juga memiliki performa pendinginan yang sama.

Lalu freon ini berevolusi lagi dan menjadi R1234yf yang lebih ramah lingkungan lagi. Kini semakin banyak mobil yang sudah mulai beralih ke freon jenis ini karena keramahan lingkungannya.

 

Share