26 September 2016 06:00 WIB

Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Smartkey Rusak


Smart Key merupakan fitur modern yang tak hanya praktis, tapi juga membantu menjaga mobil dari jarahan curanmor. Teknologi yang diusung smart key kini makin canggih. Tetapi kadang teknologi yang diusung juga punya keterbatasan. Kenali beberapa hal yang bikin smart key rusak atau fungsinya menurun. Selain faktor usia, cara pakai juga mempengaruhi keawetan teknologi ini. 

Para pemilik mobil seringkali mengabaikan perawatan smart key. Padahal, kalau rusak pasti akan repot. Perawatannya simpel sih, baterai, sebagai jantung aktifnya smart key.  Penggunaan baterai buat smart key, rata-rata 3 tahun. Perlunya penggantian ditandai dengan menurunnya respons saat dipakai dan melemahnya pancaran lampu di remote. 

Hati-hati menyimpan atau membawa smart key. Keseringan jatuh juga bikin fungsi smart key menurun bahkan ngadat. Adanya benturan saat jatuh, membuat cangkang pecah dan chip elektronik di dalamnya ikut ngadat.

Air merupakan musuh semua perangkat elektronik. Hati-hati meletakkan smart key di kantong celana. Jangan sampai teledor mengelurkannya saat di toilet atau sebelum memasukkan ke dalam cucian. 

Teliti sedikit memang lebih baik, pangkal kenyamanan dan smart key pun panjang umur.