18 December 2019 09:50 WIB

Cek kondisi karet wiper sebelum hujan

Mendung semakin sering muncul di banyak wilayah di Indonesia, sering juga diakhiri dengan curah hujan tinggi. Nah, kalau sudah begini kondisi karet wiper mobil wajib diperiksa kondisinya. Dengan karet wiper yang bagus akan membuat air hujan yang berada di bagian kaca depan mobil tersapu sempurna. Sehingga faktor visibilitas dalam mengemudi tetap terjaga.

Karet wiper yang sudah mulai rusak bisa dilihat secara fisik. Biasanya bila sudah menunjukkan tanda-tanda getas atau mulai pecah-pecah pada bagian karet yang menempel ke kaca mobil, berarti sudah saatnya harus diganti.

Selain dari fisik, kondisi sapuan air hujan yang tidak maksimal juga bisa mengindikasikan karet wiper sudah harus pensiun. Melakukan pengetesannya bisa dengan bantuan air washer.

Saat air washer digunakan pasti otomatis wiper akan aktif untuk beberapa saat. Lihat apakah sapuan karet wiper mampu menghilangkan air washer di permukaan kaca atau tidak. Jika masih banyak jejak air yang tertinggal, artinya karet wiper wajib diganti.