09 June 2020 09:20 WIB

Hyundai Grand i10X, Lincah dan Irit Bahan Bakar

Mobilitas dalam kota yang padat seperti kota besar Jakarta, Surabaya dan kota lainnya di Indonesia, tentunya akan menjadi sangat dipermudah oleh kehadiran city car yang kompak dengan dimensi kecil, seperti Hyundai Grand i10X. Salah satu city car nan lincah dan irit bahan bakar.

Mengapa?

Hyundai I10X memiliki dimensi kompak dengan panjang 3.765 mm dan lebar 1.660 mm, sangat cocok untuk parkiran yang kecil maupun melewati jalan sempit yang banyak di ibukota. Tingginya pun optimal pada 1.655 mm, mendukung kelegaan kabin dan kestabilan.

Dengan ground clearance setinggi 167 mm, tak perlu takut saat bertemu rintangan jalanan. Sudah diperhitungkan benar untuk bisa melewati polisi tidur, aspal rusak dan permukaan jalan tak rata. Gerak lincah mobil, ikut didukung ukuran roda 185/50R16.

Bagaimana dengan desain bodinya?

Desain modernnya juga didukung aerodinamika yang baik. Kurva pada bodi dibuat halus agar bisa membelah udara dengan baik dan meminimalisir hambatan udara. Hal ini bisa mengurangi beban mesin sehingga mampu membuat komsumsi bahan bakarnya lebih hemat.

Tetapi ada hal lain yang membuat Hyundai Grand i10X ini makin spesial.

Pertama, kehadiran HRBS (Hyundai Reinforced Body Structure). Sasisnya sudah menggunakan konstruksi HRBS, yang berguna memberikan kekuatan ekstra dan rigiditas lebih pada sasis. Sasisnya berbentuk frame monocoque yang terbuat dari baja berkualitas tinggi. HRBS berfungsi layaknya 'roll cage' untuk melindungi penumpang. Meskipun kecil, keselamatan tetap menjadi prioritas.

Kedua, kabin dilengkapi airbag untuk pengemudi yang menjadi sebuah fitur keselamatan proaktif bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Airbag memastikan perlindungan tambahan bagi penghuni jika terjadi benturan frontal.Keselamatan kelas dunia selalu menjadi penawaran terkuat Hyundai di semua mobil.

Ketiga, tentu mesin Kappa dengan konfigurasi 3 silinder MPI D-CVVT. Mesin ini versi Eropa yang berkapasitas 1.248 cc. Sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 78 hp (58 kW; 79 PS) pada 6.000 rpm dan torsi 87 lbft (118 Nm) pada 4.000 rpm. Hasil pengetesan mencatat efisiensi bahan bakar dinilai pada 5 L/100 km (47 mpg-AS; 56 mpg-imp) dalam siklus uji gabungan Eropa.

Untuk di dalam perkotaan, sudah lebih dari cukup diajak wara-wiri. Konsumsi bahan bakar mobil ini demikian ramah di kantong.

Transmisi tinggal pilih, manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan dengan shiftronic yang membuat pengemudi dapat memilih gigi berdasarkan keinginan seperti transmisi manual.

Keempat, kendali yang nyaman. Berkat suspensi Macpherson Strut sudah dilengkapi anti rollbar pada bagian depan dan Coupled Torsion Beam Axle untuk bagian belakang, menawarkan keseimbangan antara kenyamanan dan kelincahan.

Mengemudikan mobil ini juga semakin mantap karena penggunaan EPS (Electronic Power Steering). Dimana sistem power steering ini sudah tidak lagi menggunakan hidrolik.

Dengan keempat fitur utama ini, pengemudi dan penumpang Hyundai Grand i10X akan tetap merasa aman dan nyaman di tengah kepadatan kota.

 

Share