08 December 2020 13:06 WIB

Hyundai I20 Coupe WRC: Penyabet Gelar Juara Reli Dunia

 

Dalam ajang balap, pengemudi memanglah faktor utama dalam meraih kemenangan. Tetapi tanpa mobil yang tepat, hal tersebut akan sangat sulit diraih. Untuk itu, tim Hyundai Motorsport menggunakan Hyundai i20 Coupe WRC sebagai senjata andalan mereka.

Mobil ini bukanlah Hyundai i20 Coupe biasa yang beredar di jalanan terutama Eropa. Karena Hyundai i20 Coupe ini telah dimodifikasi secara total oleh tim Hyundai Motorsport dan menjadi sebuah monster.

Untuk mesin, menggunakan mesin 1.600 cc turbo yang diseting maksimal oleh Hyundai Motorsport sehingga bisa menghasilkan tenaga 380 dk dan torsi 450 Nm. Tenaga ini pun dengan cepat disalurkan melalui transmisi 6 percepatan sekuensial menuju keempat roda.

Traksi didapatkan dari 2 pilihan velg dan ban tergantung kondisi. Pada trek tarmac, menggunakan velg berukuran 18x8 inci dan ban Michelin Pilot Sport. Untuk gravel atau tanah, menggunakan ukuran 17x7 inci dan ban Latitude Cross.

Velg dan ban ini juga menempel dengan sistem pengereman 4 piston berukuran 370 mm saat lintasan tarmac dan 300 mm saat lintasan gravel atau tanah. Rem ini sendiri bertengger di suspensi MacPherson struts dengan peredam yang bisa diatur.

Tentunya sebagai sebuah mobil yang dipacu secara ekstrem pada lintasan yang seringkali sempit dan berbahaya, keselamatan merupakan prioritas utama. Karena itu, interior mobil ini terbilang kosong dan hanya diisi pipa-pipa besi, yaitu rollcage. Komponen inilah yang menjadi penguat sasis dan pelindung kabin bila terjadi kecelakaan.

Rollcage ini juga menjadi tempat dimana seat belt Sabelt dengan beberapa tempat pengencangan agar bisa menahan pengemudi dan navigator.

Material bodi mobil ini pun cukup berbeda dibandingkan dengan mobil lain, yaitu menggunakan bahan komposit di beberapa bagian. Hasilnya, mobil ini hanya memiliki bobot sebesar 1.190 kg. Sebenarnya bisa lebih ringan lagi, hanya saja regulasi menetapkan berat minimal demikian.

Dengan spesifikasinya yang buas dan hasil dari riset yang memakan banyak waktu, maka Hyundai i20 Coupe WRC pun bisa membawa kemenangan bagi Hyundai di ajang WRC.