09 March 2024 08:00 WIB

Wajib Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mobil Diderek

Pada kondisi terburuk, mobil terkadang perlu diderek, misalnya mentok hingga karter oli pecah, bablas menerobos banjir, hingga sesederhana salah parkir. Ketika mobil perlu diderek pun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Harap ketahui ada 3 jenis derek yang berbeda, mulai dari derek gendong, derek gantung hingga derek tarik. Derek gendong adalah derek paling aman karena mobil sepenuhnya digendong oleh mobil derek. 

Baca juga: Perjalanan Jauh? Pastikan 5 Benda Ini Ada Dalam Mobil

Setelah dereknya tiba,  PT Hyundai Mobil Indonesia mengingatkan 3 hal yang wajib diperhatikan semua Hyundai Lovers.

1. Transmisi

Pastikan transmisi berada pada posisi netral. Jika transmisi tidak dalam posisi netral, potensi roda berputar dan memaksa transmisi serta mesin bergerak tanpa kondisi menyala bisa mengakibatkan hal fatal.

2. Roda Menggantung

Selain transmisi, pastikan juga penggerak mobil, pastikan ban/roda yang menjadi penggerak tidak menyentuh tanah pada derek gantung. Dengan kata lain, semisalnya mobil Anda adalah Hyundai Stargazer yang berpenggerak roda depan, roda depan harus menggantung dan tidak menapak pada tanah.

3. Rem Tangan

Pada derek gantung dan derek tarik, ban belakang mungkin menapak dan harus berputar. Pastikan mobil tidak direm tangan sehingga ban belakang bisa berputar secara bebas tanpa menyebabkan kerusakan.

Hal-hal tersebut krusial dalam memastikan mobil tidak mengalami kerusakan saat diderek, yang umum terjadi adalah dari transmisi serta rem tangan.

Masalah sehingga mobil perlu diderek pun juga seringkali disebabkan oleh minimnya perawatan, sesederhana lupa mengganti oli sampai mesin mengalami kendala.

Jika mobil Hyundai Lovers belum diservis, segera servis di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda dapat melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.