18 December 2018 06:00 WIB

Hyundai i30 Fastback N Tawarkan Performa Menyenangkan Bagi Pecinta Kecepatan

Divisi performa dari Hyundai Motor kembali menghadirkan model terbarunya yaitu Hyundai i30 Fastback N. Sesuai namanya mobil ini merupakan versi N dari i30 Fastback, sekaligus menjadi model kedua dari keluarga Hyundai N di Eropa dan model ketiga di dunia. Selain menyuguhkan performa tinggi yang menjadi identitas Hyundai N, tentu ada sedikit perbedaan dibanding i30 N Fastback standar.

Dari sisi dimensi, i30 Fastback N ini sama dengan i30 Fastback untuk panjang dan lebarnya, namun  lebih rendah 8 mm berat suspensi sport yang lebih rebah ke tanah.

Sedang dari desain, i30 Fastback N dibekali grille dan bumper unik khas divisi N Hyundai. Itu juga terjadi di bagian belakang, dan keduanya diberi aksen garis merah sebagai warna wajib penanda mobil ini adalah mobil performa tinggi milik Hyundai.

Desain bagian belakang menyuguhkan spoiler terintegrasi berwarna hitam glossy. Sedang di bagian bawah bumpernya terdapat diffuser dan knalpot kembar sporty sehingga tampilannya semakin gahar.

Interiornya masih terlihat serupa dengan i30 N hatchback. Lihat saja ciri-ciri khas seperti lingkar kemudi dengan logo huruf N di bagian bawah, aksen jahitan merah di sekujur kabin, dan aksen merah pada bingkai ventilasi AC.

Desain fastback menawarkan kabin belakang sedikit lebih lega dibanding hatchback. Bagasinya diklaim memiliki daya tampung mencapai 450 liter, dan bisa bertambah sampai 1.351 liter saat jok belakang dilipat rata dengan lantai.

Sistem infotainment Hyundai i30 Fastback N menggunakan layar sentuh 8 inci, berdesain floating dan sudah mendukung koneksi Bluetooth, serta tersedia kamera parkir mundur. Fitur pendukung infotainment lain, bisa terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Ada juga mode tampilan layar khusus N yang menampilkan pengaturan untuk mesin, putaran mesin, suara knalpot, dan Performance Package.

Seperti pada i30 N hatchback, i30 Fastback N juga tersedia dua pilihan mesin sesuai keinginan konsumen. Mesin Hyundai N 2.0 liter turbo ini punya dua pilihan output tenaga berbeda, yakni 246 hp dan 271 hp dengan Performance Package. Masing-masing mampu menghasilkan torsi maksimum 353 Nm. Mesin ini memiliki fungsi Overboost yang bisa meningkatkan torsinya hingga 378 Nm.

Untuk akselerasi, versi tenaga 246 hp memerlukan 6,4 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam. Sementara versi 271 hp hanya butuh waktu 6,1 detik untuk akselerasi yang sama. Kecepatan puncaknya dibatasi secara elektronik di 250 km/jam.

Untuk mobil performa tinggi seperti i30 Fastback N, Hyundai hanya memberikan transmisi manual 6-speed, tanpa ada opsi transmisi otomatis. Demi memberikan pengalaman berkendara maksimum, Hyundai menyediakan lima mode berkendara berkat sistem N Grin Control. Mode yang bisa dipilih dengan akses tombol pada palang kemudi itu menawarkan lima opsi yaitu Eco, Normal, Sport, N, dan N Custom.

Sementara fitur keselamatan pada i30 Fastback N ini juga cukup canggih, termasuk sistem aktif paket SmartSense dan dukungan berkendara canggih. Termasuk Forward Collision-Avoidance Assist, Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist, High Beam Assist, dan Intelligent Speed Limit Warning.