11 September 2017 05:50 WIB

Hyundai i30 N: Debut Karya Mutakhir Divisi N

Pada ajang Frankfurt Motorshow 2017 yang diselenggarakan 14-25 September silam, Hyundai secara resmi meluncurkan Hyundai i30 N, yang merupakan produk debut dari divisi N, divisi khusus mobil Hyundai performa tinggi. i30 N adalah penantian dari para penggemar Hyundai akan produk dari divisi N yang mengambil basis dari compact hatchback Hyundai i30.

 

Hyundai i30 menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc dengan turbocharger untuk pendongkrak tenaganya. Dengan pemakaian turbocharger, mesin i30 sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 250 hp, bahkan bisa sampai 275 hp jika memilih spek paling kencang yaitu Performance Package.

 

Mesin tersebut juga menghasilkan torsi yang besar, yaitu 350 Nm. Dengan tenaga buas ini, i30 sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6,4 detik untuk tipe non Performance Package. Tipe Performance Package bisa berlari lebih kencang lagi, yaitu 6,1 detik untuk 0-100 km/jam. Yang menarik, Hyundai i30 tidak tersedia dalam transmisi otomatis, semuanya menggunakan transmisi manual 6-percepatan dan penggerak roda depan.

 

Khusus tipe Performance Package, dilengkapi electronic limited slip differential yang bisa membuat handling mobil lebih optimal. Selain itu juga dilengkapi velg 19 inci dan ban performa tinggi Pirelli PZero agar traksinya lebih maksimal. Tipe ini juga dilengkapi dengan kaliper rem berwarna merah, serta dimensi cakram rem lebih besar.

 

Faktor keselamatan juga menjadi prioritas di Hyundai i30. Sebagai buktinya, i30 dilengkapi fitur rem darurat otomatis ketika sensor memprediksikan akan terjadi benturan atau potensi tabrakan. i30 juga dilengkapi sensor yang bisa mendeteksi kelelahan pengemudi berdasarkan anggukan kepala pengemudi terhadap setir. Jadi selain kencang, i30 juga diklaim mempunyai tingkat keamanan yang sangat baik.