24 April 2021 04:16 WIB

Karet Pintu Jaga Kekedapan Kabin

Mengapa ketika menutup mobil Hyundai, rasa pintunya sangat berbeda dibandingkan mobil lain? Ketika tertutup, suaranya cukup terpendam dan memberikan rasa menutup pintu yang lebih nyaman dibandingkan mobil lain.

Hal ini bisa dicapai karena karet pintu yang terdapat pada area pintu mobil dan pada bagian dalam mobil.

Karet pintu bertugas untuk meredam suara tutupan pintu. Sehingga, alih-alih mendengar suara “klak”, Hyundai Lovers akan mendengar suara “depp” ketika menutup pintu.

Selain itu, karet pada pintu juga akan menjaga kekedapan kabin, tidak hanya dari suara, tetapi juga dari elemen alam, terutama air.

Objek yang membuka dan menutup seperti pintu tidak akan menghasilkan kerapatan yang sempurna. Bila tidak ada karet, maka air akan masuk. Hal ini sama seperti pada pintu rumah, ada celah yang memperbolehkan air masuk.

Karena diberikan karet, maka pintu akan tertutup sempurna dan tidak mengizinkan air untuk masuk.

Karet ini juga bisa mengurangi suara ketika berkendara, terutama ketika berada di kecepatan tinggi seperti di tol. Pada kecepatan tinggi, angin bisa masuk ke sela-sela pintu dan kaca membuatnya menimbulkan suara.

Dengan insulasi yang tepat dan presisi, angin tidak akan masuk ke dalam kabin membuatnya minim suara angin yang bisa mengganggu.

Karet pintu juga akan meredam suara yang ditimbulkan dari pergerakan pintu. Sebagai komponen yang tidak tergabung, gerakan mikro tentunya akan ada. Dengan adanya karet ini, gerakan tersebut akan diminimalisir dan jika pun ada, gerakan tersebut tidak akan menimbulkan suara.