28 February 2024 08:00 WIB

Hyundai Nexo, Mobil Hidrogen Dari Hyundai

Pada 21 Februari 2024, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan SPBU Hidrogen di area Senayan, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan sebagai wujud uji coba awal penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar pengganti bensin untuk kendaraan.

  Pengujian ini rencananya akan dilakukan selama 3 tahun. Bila berhasil, maka hidrogen bisa saja menjadi salah satu alternatif bahan bakar ramah lingkungan untuk kendaraan di Indonesia pada tahun 2027.

Baca juga: 4 Basis Bahan Daur Ulang Di Interior Hyundai Ioniq 6

Uniknya pada pengujian ini, terlihat sebuah mobil dengan logo Hyundai. Mobil tersebut ternyata adalah Hyundai Nexo, sebuah mobil hidrogen dari Hyundai.

Hyundai Nexo pertama kali debut global pada tahun 2018 yang memanfaatkan motor elektrik dengan tenaga 163 PS dan torsi 400 Nm. Namun alih-alih diisi daya listrik, mobil ini memiliki tangki yang diisi dengan hidrogen.

Hyundai Nexo memiliki 3 tangki dengan kapasitas total 156 liter. Terdengar sangat besar, namun karena menggunakan hidrogen, berat tangki ini saat full sangatlah ringan, hanya 6,3 Kg. Dengan konfigurasi tersebut, Hyundai Nexo bisa menempuh jarak tempuh maksimal hingga 611 Km dengan emisi hanya berupa air.

Hyundai Nexo sendiri cukup sukses di Korea Selatan, dengan total 10.000 unit per Oktober 2020.

Apakah menarik bila Hyundai Nexo dijual di Indonesia?