16 December 2023 06:53 WIB

Ini Cara Parkir Paralel Hyundai Stargazer Prime

Hyundai Stargazer kini sudah mendapatkan beberapa penambahan fitur pada tahun 2023, salah satunya adalah Electric Parking Brake (EPB) With Auto Hold pada Hyundai Stargazer Prime.

Namun kehadiran fitur ini seringkali menimbulkan pertanyaan, utamanya ketika hendak parkir. Karena jika harus parkir paralel dalam kondisi netral, mungkin tidak semudah mobil biasa.

Tapi tenang saja, karena PT Hyundai Mobil Indonesia akan menjabarkan cara yang benar untuk parkir paralel netral pada Hyundai Stargazer Prime ataupun Hyundai Stargazer tipe lain. Berikut langkahnya:

1. Nonaktifkan Auto-Hold.

2. Nonaktifkan Electric Parking Brake.

3. Matikan AC.

4. Matikan mesin.

5. Saat mesin sudah mati, injak pedal rem bersamaan dengan memindahkan tuas transmisi dari P ke N. Perlu diingat, mobil hanya memberikan jangka waktu 3 menit untuk melakukan proses pemindahan tuas transmisi.

Baca juga: 3 Cara Parkir Netral Pada Hyundai Ioniq 5 Dan Ioniq 6

Jika Hyundai Stargazer Anda belum memiliki EPB, maka kita bisa melengkapi langkah 1 dan 2. Pastikan saja rem tangan turun dan tidak aktif.

Jika sudah, kita bisa melakukan test dorong sedikit pada mobil untuk memastikan posisinya sudah netral dan aman untuk didorong. Jika tidak bisa, dapat dicoba untuk mengulangi langkah tadi. Jangan pernah mencoba mendorong paksa jika keadaan mobil tidak netral karena dapat menyebabkan kerusakan pada rem tangan maupun transmisi.