20 April 2018 03:00 WIB

Ini Keunggulan Dari Mobil SUV

Pasar otomotif Tanah Air masih didominasi oleh mobil yang memiliki daya angkut banyak. Sebut saja Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga yang saat ini menjelma menjadi mobil favorit konsumen di Indonesia.

Untuk memenuhi permintaan konsumen, pabrikan mobil pun membuat Sport Utility Vehicle (SUV) dengan konfigurasi yang sama seperti MPV, yaitu berkapasitas tujuh orang. Dengan adanya dua pilihan segmen tersebut, masyarakat dapat menjadi bingung dalam memilih kendaraannya, antara SUV atau MPV.

Jika dilihat dari konfigurasi tempat duduknya, banyak SUV yang berkapasitas tujuh orang seperti MPV. Namun tetap saja kedua jenis kendaraan ini memiliki perbedaan mendasar. Mari kita bahas satu per satu.

Dilansir dari berbagai sumber, SUV sejatinya merupakan perpaduan antara sedan dan jip. Dengan bodi besar serta ground clearance tinggi, model ini memang ditujukan untuk menembus berbagai kondisi jalan, baik jalan raya dengan kontur jalan halus atau jalan tanah dengan kontur bergelombang atau rusak.

SUV berukuran kompak juga sudah menjamur sekarang ini. SUV jenis ini cocok sekali dikemudikan wanita, karena ukurannya tidak sebesar SUV lawas. Tapi tetap menawarkan jarak pandang lebar, dan memiliki berbagai fitur canggih. Bahkan pada beberapa tipe SUV ‘jaman now’ sudah disematkan sensor parking di bagian depan hingga belakang serta kamera parkir 360 seperti yang ada pada SUV Hyundai.

SUV memiliki ketinggian yang pas, dengan rata-rata ground clearance 200 mm atau lebih. Membuat pemiliknya tidak takut menerjang banjir, tak cemas saat bepergian ke desa-desa, dan tetap percaya diri melewati jalan alternatif. Apalagi umumnya SUV dilengkapi roda berdiameter 15 inci dengan ketebalan ban mirip jip sehingga mampu meredam guncangan di jalan tidak rata.

Di samping itu, beberapa SUV memiliki pilihan penggerak empat roda yang membuatnya punya daya jelajah lebih tinggi. Karena tersalurnya tenaga mesin ke keempat roda sekaligus akan menghasilkan traksi lebih baik.

SUV juga memiliki pilihan mesin bensin juga diesel. Bahkan seperti Hyundai Santa Fe dan Tucson, keduanya memiliki varian mesin bensin dan diesel yang bertenaga besar. Mesin diesel sekarang ini juga sudah canggih dan ramah lingkungan. Yang pasti biasanya mesin diesel ini cukup identik dengan SUV karena menyuguhkan torsi yang besar tapi tetap irit bahan bakar.