06 July 2021 14:44 WIB

Inilah 4 Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Hyundai

Kondisi pandemi seperti saat ini bisa membuat mobil masuk ke dalam dua situasi, lebih sering digunakan untuk mengurangi kontak dari kendaraan umum, atau jarang digunakan karena kebijakan bekerja di rumah.

Jika mobil Hyundai Lovers masuk ke kategori kedua, maka ada hal yang harus diingat yaitu memanaskan mesin mobil secara berkala.

Terdapat beberapa alasan mesin mobil harus dipanaskan setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu, yaitu:

1. Mencegah Aki Soak

Salah satu masalah utama mobil yang ditinggalkan lama adalah aki yang soak. Hal ini karena beberapa sistem elektronik mobil masih memerlukan suplai tenaga, misalnya sistem alarm yang selalu menyala. Karena itu, dengan memanaskan mobil, akan mencegah aki soak/tekor karena alternator bisa mengisi daya aki tersebut.

2. Sirkulasi Cairan

Selain mengisi aki, memanaskan mesin akan mensirkulasi cairan pada mobil, terutama oli. Karena, jika oli dibiarkan terus, maka bisa menimbulkan kerak yang kurang baik bagi mesin. Ada baiknya juga mobil diajak keliling sebentar untuk memberikan ‘pemanasan’ bagi ban agar tidak rusak.

3. Kualitas Bahan Bakar

Bahan bakar pada tangki bisa mengalami degradasi terhadap kualitasnya bila lama tidak digunakan, misalnya lebih dari 6 bulan. Mobil memang masih akan menyala, namun tidak disarankan menggunakan bahan bakar tersebut secara terus menerus. Selain itu, bahan bakar yang ditinggal dalam tangki akan menyebabkan kerak yang bisa menyumbat suplai bahan bakar ke mesin. Hal ini juga akan membuat jalur bahan bakar dan injektor atau karburator menjadi kotor.

4. Cegah Flat Tyre

Mobil yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama mempengaruhi tekanan udara pada ban. Ban yang lama diam, akibat lama terparkir di garasi, memiliki kontak erat bagian paling bawah dengan lantai. Harap diingat, lantai dipengaruhi suhu sekitar yang bisa membuatnya dingin. Belum lagi jika tekanan ban, berada dalam kondisi kelebihan beban. Bawalah mobil Hyundai berjalan, minimal keliling komplek, agar ban bisa terbagi bebannya merata. 

Itulah 4 alasan utama mengapa mobil harus dipanaskan secara berkala. Dengan melakukan perawatan sederhana tersebut, Hyundai Lovers bisa saja menghemat lebih banyak karena lebih sedikit perbaikan yang harus dilakukan.