17 July 2024 08:00 WIB

ISOFIX: Sistem Pemasangan Bangku Anak Berstandar Internasional

Masuk ke dalam kabin Hyundai, akan dengan menemukan tanda ISOFIX pada bangku belakang. Tertera pada kain kecil yang menyembul diantara lipatan material jok. Tapi pasti banyak yang penasaran, apakah maksud dan makna ISOFIX tersebut?

ISOFIX berarti International Standard Organizations Fix. Sebuah sistem pemasangan kursi mobil berstandar internasional dimana sistem ini secara otomatis mengunci baby/child car seat ke titik pemasangan ISOFIX. Sistem ini tak perlu lagi menggunakan sabuk pengaman namun tetap bisa memastikan child car seat terpasang dengan benar dan stabil, sehingga anak dapat terlindungi dengan baik saat terjadi kecelakaan. 

Hyundai Palisade Serba Hitam: https://hyundaimobil.co.id/news/details/hyundai-palisade-xrt-hadir-dengan-warna-serba-hitam

Sebelum ada Isofix, mengaitkan kursi anak biasanya dilakukan memakai sabuk pengaman. Hal ini dianggap menyulitkan dan ada resiko tak terpasang sempurna hingga bergoyang yang berbahaya saat kecelakaan.

Melalui ISOFIX, Hyundai ingin meminimalisir resiko pemasangan yang salah, dan juga ingin memastikan minimnya gaya yang ditimbulkan saat terjadi rem mendadak. Semua tentunya demi keamanan dan keselamatan anak tercinta. 

Fitur ISOFIX sangat membantu bagi orang-orang yang ingin membawa anak dalam perjalanan. Fitur ini sudah diwajibkan untuk mobil baru di Eropa pada 2014. Walaupun sejauh ini tak ada ketentuan dan regulasi khusus pemasangan ISOFIX di Indonesia, ada baiknya kita semua mengerti cara pemakaiannnya sekaligus menerapkannya dengan tepat.