04 March 2020 02:00 WIB

Jajaran Mobil 'Hijau' Hyundai Sampai 2022

Kabar gembira disampaikan oleh Hyundai. Untuk warga Amerika Serikat, Hyundai bakal menawarkan 13 produk anyar ramah lingkungan sampai 2022. Di dalamnya termasuk model hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dan elektrik murni. Jumlah yang luar biasa untuk produk elektrifikasi dalam rentang 2 tahun ke depan. Tapi tentu saja, produknya masih dirahasiakan.

Dari total 13 model, enam di antaranya berwujud sedan. Sedangkan sisanya masuk kategori crossover SUV. Dari lini sedan sudah terungkap sebagian. Tiga dari enam sedan menggunakan nama IONIQ. Ya, IONIQ versi penyegaran atau facelift menjadi lini awal yang diterbitkan Hyundai. Seperti diketahui, IONIQ ditawarkan dalam tiga pilihan: hybrid, PHEV dan elektrik murni.

Sedan berikutnya sudah pasti Sonata hybrid yang bakal dipasarkan tahun depan. Sonata hybrid menggendong mesin 2.0 liter dengan bantuan motor elektrik. Kombinasi tenaga mencapai 195 PS dan menawarkan konsumsi bahan bakar 20,1 km/liter.

Untuk sisa 9 model lain, masih jadi unsur kejutan. Sedang dari lini global, Hyundai masih punya Kona elektrik dan Nexo hidrogen (fuel cell) dalam jajaran mobil ramah lingkungan. Apakah kedua model itu yang bakal diboyong ke negeri Paman Sam? Atau memang ada produk Baru? Seperti Kona hybrid atau Tucson hybrid. Nantikan saja kejutannya karena dijanjikan model baru bakal dimunculkan secara bertahap.