05 April 2022 10:36 WIB

Jangan Anggap Enteng 3 Penyebab Oli Mesin Cepat Habis

Oli pada mesin pembakaran internal sangatlah penting. Tanpa oli, gesekan yang terjadi pada mesin bisa menyebabkan kerusakan permanen. Pada kasus terparah, mesin harus diganti dan tidak bisa diselamatkan.

Namun terkadang, oli mesin bisa saja habis, terutama pada mesin yang sudah berusia dan mungkin berkilometer tinggi. PT Hyundai Mobil Indonesia bisa beberkan beberapa alasan mengapa oli mesin cepat habis.

Baca juga: 4 Sumber Rembesan Oli Yang Patut Diwaspadai

1. Oli Terlalu Encer

Ketika oli terlalu encer, seringkali oli menembus beberapa sil (seal) pada mesin, utamanya ring piston. Sehingga, bila lolos, maka oli akan masuk ruang bakar dan ikut terbakar, mengurangi jumlah oli pada mesin, dan juga membuat pembakaran menjadi kotor.

2. Ring Piston Kendor

Pada mobil yang sudah berusia, ring piston seringkali sudah aus. Ketika sudah aus, maka oli akan lebih mudah masuk ruang bakar, bahkan ketika menggunakan oli yang lebih kental. Pada kondisi seperti ini, mengganti ring piston adalah solusi terbaik.

3. Ada Kebocoran

Seringkali mesin mengalami kebocoran pada oli, hal ini karena gasket yang sudah berusia dan getas. Misalnya gasket pada valve cover, pada area head, maupun kebocoran lain seperti dari jalur oli dan filter oli. Ketika ruang mesin selalu terlihat basah dan kotor, maka patut dicek karena ada kemungkinan besar ada kebocoran.

Jika oli mobil Hyundai Anda cepat habis, maka segera hubungi bengkel resmi terdekat. Atau, jika Anda ingin bertanya-tanya, bisa juga melalui layanan terbaru Hyundai, yaitu Hyundai DITA  yang bisa diakses pada https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.