29 September 2020 08:03 WIB

Jangan Salah, Hyundai Santa Fe "Convertible" Hanya Untuk Syuting Iklan

Ketika sebuah mobil baru hendak dirilis, tentunya harus menjalani masa pengujian untuk memastikan semua komponennya sempurna dan diatur sesuai dengan keinginan produsen agar sempurna.

Di Australia, dan banyak negara lainnya, hal tersebut sangat umum. Namun, unit tes itu terdaftar sebagai mobil pengujian yang harus dihancurkan setelah selesai digunakan. Daripada dihancurkan begitu saja, para insinyur di Hyundai Australia pun memilih untuk sedikit bersenang-senang dengan memotong atap dari Hyundai Santa Fe.

Tujuan utamanya sebenarnya satu yaitu agar bisa mengambil foto dan video suasana Hyundai Santa Fe dengan kondisi seluruh bangku dipenuhi untuk keperluan iklan. Namun, hasilnya malah membuat sedikit kesenangan bagi para orang yang terlibat.

Tak hanya memotong atap, Hyundai Australia bahkan memperhatikan detail kecil seperti menambahkan panel interior dan eksterior agar mobil terlihat utuh dan tidak terlihat dipotong. Sungguh sesuatu yang sangat sesuai dengan ciri khas Hyundai, tidak melupakan detail.

Sisanya dari mobil ini? Sama saja. Secara teknis tidak ada perubahan dari jantung pacu ataupun kaki-kakinya. Interiornya pun juga sama saja, hanya saja kita tidak akan melihat atap ketika menengok ke atas.

Meskipun keren, sebaiknya modifikasi seperti ini tidak dilakukan ya, Hyundai Lovers! Ini hanya untuk kepentingan iklan belaka. 

Dengan memotong atap mobil, maka rigiditas mobil akan berkurang secara signifikan sehingga tidak aman digunakan di jalan raya. Mobil tanpa atap yang terlihat di jalan raya memiliki sasis yang berbeda, sehingga bisa mengkompensasi kelemahan yang ada.

Tak hanya rigiditas, komponen keselamatan vital seperti airbag samping pun hilang karena tidak ada ruang untuk meletakkannya.

Selain itu, Hyundai Santa Fe ini juga tidak dilengkapi atap sehingga ketika bertemu hujan, maka seluruh penumpang akan basah dan menjadi tidak nyaman.

Share