22 March 2023 09:30 WIB

Jangan Salah Paham Soal Crumple Zone

Jika dilihat-lihat, mobil masa kini tampak sangat mudah ringsek, utamanya bagian depan. Apakah terjadi penurunan kualitas? Ternyata tidak, jangan sampai salah kaprah.

Karena, area pada mobil tersebut adalah area crumple zone yang sengaja dibuat mudah  hancur, tidak terkecuali pada mobil Hyundai. Apa tujuan utamanya? Keselamatan.

Tujuannya satu, menjaga kabin tetap seutuh mungkin ketika terjadi kecelakaan. Hal ini mengikuti hukum fisika dimana energi yang dialami suatu benda harus disalurkan. Crumple zone lah yang mengambil energi ini dan menyalurkannya ke area lain pada mobil, tidak menyalurkan ke kabin.

Bila tidak ada crumple zone, maka ketika terjadi kecelakaan, seluruh energi dari tabrakan tersebut akan tersalurkan ke kabin atau bahkan ke penumpang secara langsung. Kurang lebih bayangkan saja dengan melakukan rem mendadak dan mengerem secara halus, crumple zone bisa dibilang memperhalus perlambatan yang terjadi.

Selain itu, bila tenaga tersebut tersalurkan ke kabin, kabin bisa berubah bentuk seperti dashboard yang terdorong ke belakang yang kemudian menjepit para penumpangnya. Atau mungkin benturan tersebut mengenai pintu sehingga pintu tersangkut dan tidak bisa dibuka, mempersulit evakuasi para korban kecelakaan.

Baca juga: 4 Cara Untuk Meminimalisir Gangguan Ketika Mengemudi

Untuk itu, rangka atau bodi pada kendaraan pun sengaja dibuat ringkih pada bagian tersebut, umumnya bagian depan dimana sering terjadi tabrakan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Karena crumple zone juga, Hyundai Palisade bisa mencapai tingkat keselamatan yang tinggi. Pada pengujian NHTSA (National Highway Traffic Safety Association), Hyundai Palisade mendapatkan penilaian bintang 5 dari 5. 

 

Foto: NHTSA