30 November 2022 08:48 WIB

4 Cara Untuk Meminimalisir Gangguan Ketika Mengemudi

Gangguan atau distraksi saat mengemudi adalah salah satu hal yang paling berbahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan. Menurut lembaga NHTSA (Departemen Transportasi Amerika Serikat), distraksi merupakan penyebab hilangnya 3.142 nyawa pada tahun 2020 di Amerika Serikat.

Kemudian berdasarkan lembaga Center for Disease Control and Prevention (CDC), ada 3 distraksi utama, yaitu faktor visual (tidak fokus ke jalan), manual (melepas setir) dan kognitif (memikirkan hal lain).

Sehingga, apa yang dapat dilakukan untuk mencegah distraksi ketika mengemudi? PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 4 himbauan yang layak untuk dilakukan, yaitu:

1. Terapkan Mode Silent Pada Ponsel

Mengemudi sambil menggunakan ponsel adalah salah satu distraksi terbesar. Sehingga, ponsel sebaiknya di-silent atau dimatikan notifikasinya supaya tidak mengganggu. Selain itu beberapa smartphone juga memiliki fitur Do Not Disturb yang bisa diaktifkan.

2. Jauhkan Ponsel

Sebaiknya jauhkan ponsel agar Anda tidak bisa melihat dan malah membaca notifikasi yang masuk. PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan meletakkannya di area wireless charging yang tersedia pada beberapa model seperti Hyundai Stargazer dan Hyundai Creta.

3. Hindari Multitasking

Sebisa mungkin, hindarilah multitasking ketika mengemudi, misalnya mengatur audio atau mengatur spion sembari berjalan. Berhentilah bila memungkinkan, atau minta bantuan penumpang untuk beberapa aktivitas tertentu.

Baca juga: Audio Hyundai Creta Sudah Lengkap Dengan Smartphone Integration

4. Gunakan Hands Free

Head unit mobil Hyundai yang dijual PT Hyundai Mobil Indonesia kebanyakan sudah memiliki fitur Smartphone Integration. Dengan fitur ini, Anda bisa memanfaatkan fitur Hands Free ketika melakukan panggilan telepon. Tangan bisa tetap berada di setir, tatapan tetap ke depan, dan menelpon seperti mengobrol saja dengan penumpang.

4 cara tersebut merupakan cara dasar yang bisa dilakukan untuk meminimalisir gangguan atau distraksi ketika mengemudi. Harapannya, Hyundai Lovers bisa mengemudi dengan semakin aman.