28 February 2021 20:43 WIB

Jangan Sembarangan Mengganti Sekring Si Pencegah Kebakaran

Listrik merupakan sebuah penemuan yang sangat krusial. Tanpa listrik, rasanya pasti seperti zaman-zaman 1500an dimana semuanya serba manual. Namun, di saat bersamaan, listrik bisa menjadi berbahaya ketika tidak terkontrol, misalnya menimbulkan api dan kebakaran.

Kebakaran mobil karena masalah listrik pun cukup sering terjadi. Biasanya ini terjadi karena suatu korsleting yang merambat ke komponen lainnya yang kemudian memperparah api.

Untuk mencegah kebakaran karena listrik, maka sekring pun dibuat dan dipasang pada mobil, tak terkecuali mobil Hyundai sejak dulu. Jika arus listrik terlalu besar, maka sekring akan putus agar aliran listrik tersebut terputus dan berhenti, mencegah kebakaran.

Namun, sayangnya banyak yang tidak mengerti akan fungsi sekring dan malah menggantinya dengan angka ampere lebih besar, hal ini justru yang berbahaya. Karena jika sekring tidak putus ketika overampere, maka akan terjadi korsleting dan mungkin kebakaran.

Parahnya lagi, banyak orang yang melakukan modifikasi kelistrikan misalnya audio dengan tidak menggunakan sekring ataupun instalasi yang bagus. Kerusakan pun seringkali tidak dapat dihindarkan.

Untuk itu, bila memiliki masalah kelistrikan, sebaiknya segera menghubungi bengkel resmi Hyundai agar masalah tersebut dapat diatasi dengan profesional dan tentunya dengan baik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.