24 February 2020 09:00 WIB

Jok Mobil Rusak Bisa Diperbaiki atau Diganti?

Tak jarang jok mobil yang rusak karena usia pakai maupun kelalaian dalam penggunaan. Kalau sudah begitu, bisa diperbaiki atau perlu diganti? Keduanya bisa jadi solusi. Namun kalau ada pertimbangan biaya, tentu bakal memilih untuk reparasi. Nyatanya, banyak seat maker yang bisa menjadikan kondisi jok rusak seperti baru. Biaya tentu bervariasi, tapi masih jauh lebih murah ketimbang harus mengganti dengan jok baru.

Misal, kalau kerusakan pada bagian kain atau kulit pembungkus, bisa diperbaiki. Dengan menambal, maupun mengganti pelapis jok itu. Kalau sebelumnya memakai bahan kain fabric, bisa sekaligus upgrade menjadi kulit sintetis.

Pada titik ini, pilihan juga beragam. Ada yang hanya dibungkus seperti sarung, dibungkus dan dijahit semi permanen sampai yang permanen dengan mengganti semuanya.

Kerusakan lain pada jok yang bisa diperbaiki, bagian per. Biasanya per rusak atau patah. Ini bisa ditangani oleh jasa reparasi jok mobil. Cukup mengganti komponen saja.

Berikutnya, umum dijumpai mengganti atau menambah busa. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi jok yang sudah kempis atau rusak. Sehingga kembali nyaman untuk diduduki.

Biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki jok memang beragam. Tergantung jenis perbaikan dan seberapa parah kondisi kerusakan. Tapi masih terbilang ekonomis kalau dibandingkan dengan mengganti jok baru secara utuh. Apalagi kalau kerusakan terjadi lebih dari satu jok.