04 June 2021 09:05 WIB

Kabupaten Konawe Resmi Gunakan Mobil Listrik Hyundai Ioniq

Pada hari Kamis, 3 Juni 2021, Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara resmi mengumumkan penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan operasional dinas. Ditandai penyerahan satu unit Hyundai Ioniq Electric dari PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) kepada Bupati Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Ruksamin. 

Bupati Konawe Utara mengatakan mobil listrik diklaim lebih hemat, hanya butuh seperlima dari biaya BBM. Manfaat lain mobil listrik adalah mampu mengurangi dampak polusi udara/suara, tidak menghasilkan emisi, dan pemeliharaan mobil listrik sangat mudah ketimbang mobil konvensional. 

Bahkan Hyundai Ioniq Electric ini juga akan dipergunakan sebagai kendaraan pendukung atas program Presiden Indonesia. “Kendaraan ramah lingkungan ini kita gunakan sebagai bahan sosialisasi dan dukungan atas program bapak Presiden terkait Go Green,” ujar Bupati Konawe Utara.

Di luar tujuan mulia ini, Kabupaten Konawe Utara ternyata mendapatkan prestasi tersendiri. “Alhamdulillah, Konawe Utara adalah kabupaten pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik dan ke-2 di Indonesia setelah Provinsi Jawa Barat,” ungkap H. Ruksamin.

H. Ruksamin mengungkapkan Hyundai Ioniq Electric menggunakan baterai lithium yang berbahan dasar nikel. Untuk itu pihaknya mengharapkan Kabupaten Konawe Utara mampu menjadi pemasok nikel untuk kendaraan listrik. “Untuk itu saya berharap pemerintah pusat agar cepat merealisasi kawasan industri di sini. Konawe Utara adalah pemasok terbesar nikel di Indonesia, karena Konawe Utara adalah masa depan Indonesia,” tegas H. Ruksamin.