Sejarah Berdirinya “N” Sebagai Lini Kendaraan Performa Tinggi Hyundai (Bagian 2)
Setelah terbentuknya “talented team behind N” dengan trisula Albert Biermann, Klaus Köster dan Thomas Schemera, pengembangan mobil Hyundai berperforma tinggi mulai berkembang pesat.
Pada tahun 2015, Hyundai membuka lintasan uji coba di Hyundai Namyang R&D Center, yang khusus untuk menguji mobil N. Lintasan uji coba dibagi menjadi tiga bagian: lintasan penanganan kecepatan tinggi (2,1 km), lintasan penanganan serbaguna (1,4 km) dan lintasan penanganan gesekan rendah (1,1 km).
Saat ini, Hyundai menggunakan lintasan pengendaraan berkecepatan tinggi ini sebagai tempat pengujian mobil berperforma tinggi, karena tikungan berliku dan jepit rambutnya mengingatkan kita pada lintasan Nürburgring yang terkenal. Penelitian untuk i30 N dan Veloster N dilakukan di Hyundai Namyang R&D Center dan kemudian keduanya dikirim ke Nürburgring untuk pengujian praktis.
Tidak mengherankan jika motorsport dianggap sebagai puncak sekaligus tempat lahirnya “N”. Model N adalah mobil berperforma tinggi yang tidak hanya memanfaatkan teknologi, tetapi juga pengalaman yang diperoleh dari dunia motorsport seperti WRC dan TCR.
Thomas Schemera yang kini menjadi Global Chief Marketing Officer sekaligus Head of The Customer Experience Division, mengatakan dengan tegas bahwa, “i30 N, Veloster N dan i30 Fastback N memiliki gen performance yang sama.”
Pada musim WRC 2019, Hyundai Motorsport memenangkan gelar juara pabrikan dengan total 380 poin, empat kemenangan dan 13 podium. Di WTCR juga, i30 N TCR memimpin dan memenangkan gelar pengemudi, dan berada di posisi kedua dalam kompetisi pabrikan. Di seri TC America, Hyundai Motorsport juga mengamankan podium untuk gelar pembalap.