10 March 2022 15:57 WIB

Kaca Depan Laminated Hyundai Yang Sangat Aman

Keamanan adalah prioritas dari mobil-mobil Hyundai yang dipasarkan oleh PT. Hyundai Mobil Indonesia. Semua aspek dipertimbangkan mulai dari rigiditas bodi, crumple zone, airbag sampai kaca.

Yap, kaca mobil juga dipikirkan. Ingat, kaca mobil bukanlah kaca biasa, melainkan kaca khusus yang tahan pecah.

Untuk kaca depan, mobil Hyundai menggunakan kaca laminated. Kaca ini dibuat dengan menempelkan 2 lapisan kaca. Lapisan tersebut ditempel dengan lapisan polimer yang tipis.

Baca juga: Cara Pecahkan Kaca Mobil Saat Darurat: Pakai Headrest!

Kaca ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1902 dan terus dikembangkan hingga kini. Hasilnya, kaca ini lebih tahan dan sulit untuk pecah.

Mengapa kaca ini dipilih untuk kaca depan? Karena, ketika berkendara, misalnya di tol, mobil seringkali terkena kerikil. Pada kaca jenis lain, kerikil bisa dengan cepat memecahkan kaca. Namun untuk kaca laminated, kerikil memang bisa membuat retak, namun lebih aman dan tidak sampai pecah, karena lapisan polimer tersebut.

Lalu karena lapisan polimer tersebut, ketika terjadi kecelakaan seperti tabrakan, kaca tidak akan pecah menjadi berkeping-keping, melainkan mempertahankan bentuknya. Hal ini bisa mengurangi cedera akibat pecahan kaca.

Mobil-mobil Hyundai pun sudah menggunakan kaca laminated untuk keamanannya, misalnya Hyundai Creta, hingga Hyundai Palisade. Karena, seperti yang sudah disebutkan, keamanan dan keselamatan adalah prioritas.