17 March 2021 04:52 WIB

Keluarkan Udara Dari Sistem Pada Radiator Dan Rem

Mobil bekerja dengan ratusan bahkan ribuan komponen, mulai dari yang keras sampai yang tidak, seperti cairan-cairan misalnya.

Cairan pada mobil pun ada beragam, misalnya pelumas, minyak rem, cairan radiator, dan cairan-cairan lainnya yang berperan penting pada bekerjanya mobil.

Tetapi beberapa cairan harus melakukan bleeding atau mengeluarkan udara dari sistemnya. Hal ini bertujuan agar cairan mengisi penuh ruangan yang ada.

2 cairan yang umumnya perlu dilakukan bleeding adalah cairan pada radiator dan rem.

Pada radiator, cairan harus penuh agar air bisa menjadi penghantar panas yang baik. Bila ada ruang kosong, otomatis efisiensi radiator menurun secara signifikan. Bleedingnya tidaklah susah, isi radiator, nyalakan mesin, dan isi terus hingga air benar benar keluar karena terisi penuh, bukan karena cipratan.

Lalu pada sistem rem, harus benar benar memiliki nol udara karena rem bekerja dengan prinsip tekanan. Minyak rem harus memberikan tekanan ke kaliper agar bisa mengerem. Bila ada udara dalam sistem rem, maka akan sulit membuat tekanan dan bisa berakibat rem blong.

Bleeding rem lebih kompleks dibandingkan bleeding radiator, untuk itu ada baiknya menyerahkan hal ini ke ahlinya, yaitu mekanik tersertifikasi tentunya agar rem yang krusial bisa bekerja dengan maksimal. Datanglahnya ke cabang dealer Hyundai Mobil Indonesia terdekat yang bisa dilihat pada https://hyundaimobil.co.id/network-contact, atau hubungi PT Hyundai Mobil Indonesia 08001821407.

 

Share