11 November 2021 19:31 WIB

Lampu Rem Ketiga Bantu Pertegas Fungsi Lampu Rem

Seluruh mobil Hyundai di yang kini dipasarkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki satu fitur keselamatan yang bisa dibilang seharusnya sudah wajib, yaitu lampu rem ketiga yang lebih familiar disebut 3rd Brake Light.

Mengapa kami anggap wajib? Karena beberapa negara seperti Amerika Serikat sudah mengharuskan kehadiran fitur ini sejak tahun 1986, dengan regulasi dan penerapan tindakannya yang tegas.

Memangnya kenapa fitur ini sampai diwajibkan di beberapa negara dan dinilai penting? Karena aspek pencegahan kecelakaannya.

Baca juga: ABS Buat Jarak Rem Semakin Pendek

Seperti yang kita tahu, lampu rem pada mobil berbagai tempat dengan lampu senja atau lampu biasa pada saat lampu dinyalakan. Yang menjadi pembeda, ketika mengerem, intensitas cahayanya lebih tinggi.

Masalahnya, tidak semua orang tau intensitas mana yang menunjukkan pengereman. Bisa saja ketika mengerem, pengemudi belakang mengira itu hanya lampu biasa yang menyala.

Disinilah peran lampu rem ketiga, yaitu untuk mempertegas informasi bahwa mobil sedang mengerem. Karena, lampu ini memang didedikasikan untuk lampu rem.

Dengan adanya lampu ini, maka ambiguitas lampu rem pun dapat dihilangkan. Hal ini membuat menggunakan mobil menjadi lebih aman.

 

Share