30 August 2021 09:35 WIB

Lane Keeping Assist Hyundai Staria Bisa Ambil Alih Kemudi

Hyundai Staria yang dirilis di Indonesia merupakan MPV yang memberikan fitur keselamatan yang tidak tanggung-tanggung. Apalagi, Hyundai Staria sudah dilengkapi dengan paket keselamatan Hyundai SmartSense.

Salah satu dari paket keselamatan tersebut adalah Lane Keeping Assist atau LKA. Fitur ini akan menjaga mobil tetap berada di jalurnya. Sehingga, ketika pengemudi sedikit teledor, mobil tidak akan keluar jalur, misalnya di tol.

Sistem ini mengandalkan sensor yang diletakkan di bagian atas kaca depan. Sensor akan membaca marka pada jalan. Sehingga, sistem ini bisa mengetahui dimanakah batas jalur dari jalanan yang dilalui Hyundai Staria.

Biasanya, sistem yang serupa dengan LKA akan memberi peringatan kepada pengemudi berupa peringatan visual atau audio. Hyundai mengambil langkah lebih jauh dengan menambah fitur preventif mobil keluar jalur.

Ketika dirasa mobil akan keluar jalur tanpa menyalakan lampu sein, maka setir mobil akan melakukan koreksi untuk menjaga mobil pada jalurnya. Sistem ini bukanlah sistem autopilot, hanya mencegah mobil keluar jalur.

Sehingga, menjaga mobil pada jalur kini semakin mudah untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan. Untuk pindah jalur, selalu ingat menggunakan sein ya Hyundai Lovers.