16 December 2022 08:02 WIB

Makna Kabel Oranye Pada Hyundai Ioniq 5

Hyundai Lovers yang penasaran dengan mobil elektrik Hyundai mungkin akan satu hal, yaitu adanya kabel oranye besar pada mobil elektrik seperti Hyundai Ioniq 5 yang kini menjadi salah satu andalan PT Hyundai Mobil Indonesia.

Apa kabel oranye tersebut? Apakah berbahaya?

Pertama, bisa dibilang demikian. Karena, kabel oranye menandakan tegangan tinggi, yakni di atas 60V. Pada Hyundai Ioniq 5, sistem elektrikal utama menggunakan 800V yang tentunya sangat tinggi.

Sebagai perspektif, tegangan 60V sudah dianggap berbahaya bila terjadi kontak dengan manusia. Sehingga, tujuan dari warna oranye ini adalah menandakan bahwa kabel tersebut bertegangan tinggi sehingga harus ditangani dengan hati-hati.

Selain itu, kabel pada mobil elektrik Hyundai Ioniq 5 juga dibuat dengan khusus karena harus tahan dengan suhu tinggi. Kemudian, isolator atau pelindung juga dibuat khusus agar aman.

Sehingga, berhati-hatilah dengan kabel ini. Jika ada kendala dengan komponen elektrikal bertegangan tinggi, sebaiknya serahkan saja ke mekanik PT Hyundai Mobil Indonesia. Karena mekanik pada jaringan bengkel resmi kami sudah melalui pelatihan penanganan mobil elektrik.

Baca juga: Prosedur Cat Khusus Penting Untuk Mobil Elektrik

Apakah Hyundai Lovers memiliki pertanyaan lagi seputar Hyundai Ioniq 5? Yuk tanyakan via layanan terbaru PT Hyundai Mobil Indonesia yakni Hyundai DITA yang bisa diakses pada https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.

Share