02 November 2022 09:47 WIB

Mengapa Balancing Roda Sangat Penting?

Balancing seringkali dianjurkan setiap kali berurusan dengan ban mobil. Biasanya, balancing dilakukan setiap melakukan penggantian pada ban. Tapi apakah balancing sepenting itu?

Sebelumnya, PT Hyundai Mobil Indonesia akan menjelaskan secara singkat tentang balancing. Balancing adalah kegiatan menyeimbangkan titik berat antara velg dan ban. Hal ini dilakukan karena ban dan velg tidak memiliki titik berat yang sempurna satu sama lain. 

Jika tidak diseimbangkan, alhasil beban rotasional yang ditimbulkan pun berbeda. Hal ini akan menyebabkan roda jadi bergetar pada kecepatan tinggi.

Jika ban tidak seimbang, maka kenyamanan akan menurun drastis, terutama pada kecepatan sedang ke tinggi seperti saat di jalan tol. Selain itu, mobil juga akan terasa tidak stabil. Bahkan, setir bisa ikut bergoyang bila sangat tidak imbang.

Baca juga: Shockbreaker Rusak Dapat Pengaruhi Alignment Pada Mobil

PT Hyundai Mobil Indonesia pun sangat menyarankan melakukan balancing setiap melakukan penggantian ban. Hal ini akan membuat mobil Hyundai kesayangan Anda lebih stabil dan nyaman untuk dikendarai.