15 March 2023 10:17 WIB

Mengapa Gagang Pintu Hyundai Ioniq 5 Bentuknya Tak Biasa?

Hyundai Ioniq 5 termasuk mobil paling efisien yang ada di Indonesia. Salah satu cara Hyundai Ioniq 5 menjadi efisien adalah dengan mengurangi gaya gesek udara dan membuatnya seaerodinamis mungkin.

Padahal trik untuk mengurangi gaya gesek udara amatlah sederhana, yaitu dengan mereka ulang bentuk gagang pintu. Pada kebanyakan mobil, gagang pintu biasanya menonjol keluar. Jika tidak, ada ruang kosong agar tangan bisa masuk.

Hal tersebut bisa menambah gesekan udara pada mobil yang membuatnya kurang aerodinamis. Karena itu, Hyundai Ioniq 5 memiliki gagang pintu khusus yang disebut sebagai Flush Door Handle.

Sekilas, gagang pintu dari Hyundai Ioniq 5 bisa dibilang tidak terlihat. Hanya ada sedikit garis pada bodi. Karena ketika gagang tidak digunakan, mobil menjadi semakin aerodinamis karena pintu menjadi sebuah permukaan halus.

Untuk membuka pintu Hyundai Ioniq 5, Hyundai Lovers cukup menekan sisi kiri terlebih dahulu, nanti gagang pintu akan keluar dan tinggal ditarik seperti gagang pintu pada umumnya.

Baca juga: Active Air Intake Hyundai Ioniq 5, Simple Namun Jenius

Dengan kombinasi desainnya secara keseluruhan, Hyundai Ioniq 5 memiliki penilaian aerodinamika 0.29 Cd yang membuatnya menjadi salah satu mobil paling aerodinamis yang dapat dibeli.

Ingin bertanya lebih lanjut mengenai Hyundai Ioniq 5? Kini Hyundai Lovers dapat menggunakan layanan HYUNDAI DITA dari PT Hyundai Mobil Indonesia. Layanan tersebut dapat diakses melalui https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.