12 July 2022 08:47 WIB

Mengenal Mesin Theta III MPI Dari Hyundai Santa Fe

Mesin bahan bakar internal masa kini “wajib memenuhi” beberapa persyaratan. Pertama, mesin harus bertenaga. Kedua, emisi harus rendah. Ketiga, harus irit bahan bakar. Standar ini pun semakin meninggi seiring berjalannya waktu.

Salah satu SUV keluarga Hyundai, Santa Fe, memiliki solusi tersendiri pada mesin bensin 2.500 cc-nya. Memenuhi ketiga standar itu pun menjadi tantangan. Ketiga hal tersebut bisa dicapai karena ada teknologi Theta III MPI yang termasuk sebagai ‘Top Performer’ di beberapa negara.

Baca juga: Speedometer Hyundai Santa Fe Yang Penuh Kustomisasi

Mesin Theta III MPI adalah mesin dengan sistem Dual Overhead Cam (DOHC) dengan katup stainless-steel dan ruang bakar pent-roof. Mesin Theta MPI menggunakan timing chain senyap dan dilengkapi dengan Continuously variable valve timing (CVVT) pada katup intake dan exhaust, serta Variable Intake System.

Mesin Theta III MPI menggunakan blok alumunium yang lebih ringan agar lebih efisien ketika beroperasi. Mesin Theta III juga memiliki pompa oli dua tahap agar lebih optimal.

Untuk meningkatkan torsi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar, mesin pada Hyundai Santa Fe gasoline juga memiliki katup pelepas dua tahap.

Mesin Theta III juga sudah memenuhi standar emisi Euro 4 yang lebih bersih. Figur tenaganya pun juga impresif dengan tenaga 180 Ps pada 6.000 rpm, dan torsi 232 Ps pada 4.000 rpm. Mesin ini pun disambung ke transmisi otomatis 6 percepatan.

Rasa berkendara dari Hyundai Santa Fe tentunya sangat unik dan berbeda. Penasaran kan Hyundai Lovers? Yuk lakukan Test Drive melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.