19 January 2022 09:14 WIB

Mengerem Dengan Kaki Kiri? Hanya Tepat Dilakukan Pembalap

Semua orang tentunya mulai dari satu titik ketika mengemudi. Ada yang langsung mahir ketika mengemudi, ada juga yang menjalani proses panjang baru kemudian mahir ketika mengemudi.

Ketika belajar mengemudi, terutama mobil bertransmisi otomatis, bagaimana posisi kaki Hyundai Lovers? Apakah diajarkan untuk menggunakan kaki kanan saja untuk mengerem dan menekan pedal gas. Atau malah diajarkan menggunakan kaki kiri untuk mengerem?

Jika situasi kedua yang terjadi, maka lupakanlah hal tersebut. Karena, ketika mengerem, sebaiknya tetap menggunakan kaki kanan saja.

Karena, jika mengerem menggunakan kaki kiri, pedal rem bisa saja terinjak bersamaan dengan pedal gas yang akan memperpendek usia rem.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Minyak Rem Mobil Hyundai?

Bila hal tersebut terjadi, selain rem cepat habis, jarak pengereman juga akan bertambah. Rem kaki sendiri sebenarnya dilakukan untuk keperluan balap, bukan untuk sehari-hari.

Lalu, mengerem dengan kaki kiri juga akan membuat kaki cepat pegal. Sehingga, bila Hyundai Lovers hanya menggunakan mobil untuk harian, sebaiknya tetap gunakan 1 kaki saja. Atau, gunakan kaki kiri untuk mengerem hanya pada saat tertentu, misalnya saat melakukan Hill Start agar mobil tidak mundur.