13 July 2021 10:51 WIB

Merawat Mobil Secara Sederhana Saat WFH

Pemerintah kembali membatasi mobilitas masyarakat karena meningkatnya kasus Covid-19. Karena itu, banyak sektor usaha yang menjalankan Work From Home alias WFH 100%.

Tidak menutup kemungkinan Anda adalah salah satunya. Lalu, karena berbagai sektor lain juga ikut tutup, misal mal untuk bertamasya, maka Anda pun otomatis jadi sangat sering di rumah saja.

Tentunya, waktu di rumah pun bertambah, misalnya karena tidak perlu menghabiskan waktu di jalan. Selagi di rumah, ada baiknya tetap produktif loh Hyundai Lovers. Agar tetap produktif, tentunya bisa melakukan perawatan ringan pada mobil selama tidak digunakan.

1. Cek Ban

Ketika mobil lama diam, ban adalah komponen yang biasa paling sering rusak karena bisa menimbulkan flat spot. Lalu, tekanan udara di dalam ban juga bisa berkurang. Karena itu, cek kondisi ban mulai dari tekanan anginnya. Bila memiliki pompa ban, lebih baik lagi karena sebaiknya diisi agar tekanannya terjaga dan kondisinya terjaga.

2. Cek Cairan

Setelah mengecek ban, maka bukalah kap mesin dan cek cairan cairan yang bisa diakses, misalnya isi air radiator, isi air wiper, dan cek kondisi serta kuantitas oli. Jika harus diganti atau ditambah, maka lakukanlah. Tetapi kami menyarankan untuk melakukan penggantian oli di bengkel resmi Hyundai dimana Anda bisa menjadwalkan agar tidak perlu menunggu lama.

3. Cek Filter Mesin

Setelah mengecek cairan, cek juga filter udara pada mesin, biasanya tidak terlalu sulit dibuka, hanya sebuah klip yang harus dibuka. Jika kotor, bisa dibersihkan untuk sementara dengan memukulnya agar debunya rontok, atau bisa ditiup menggunakan pompa. Tetapi, jangan cuci filter udara dengan air karena bisa saja rusak. Tapi, ini hanyalah solusi sementara, sebaiknya membeli filter orisinil baru untuk performa terbaik.

4. Cek Filter Udara Kabin

Selain filter udara mesin, cek juga filter udara kabin agar udara dalam kabin tetap terjaga kebersihannya. Dan sekali lagi, bila sudah kotor, sangat disarankan untuk melakukan penggantian.

5. Bersihkan Mobil

Selagi mobil jarang digunakan, maka bersihkanlah mobil secara mendalam. Ini kesempatan yang tepat untuk juga mengecek sela-sela mobil. Mengapa mobil sebaiknya dicuci meskipun jarang dipakai dan mungkin saja parkirannya tertutup? Ini untuk mencegah debu menumpuk yang bisa menyebabkan baret halus pada cat. Selain eksterior, interior juga harus dibersihkan misalnya dengan vacum cleaner jika ada. Atau setidaknya ini bisa jadi kesempatan untuk mengecek interior dan membuang barang yang tidak diperlukan.

6. Cek Visual

Sembari mencuci mobil dan membersihkan mobil, ini bisa jadi kesempatan yang tepat untuk melakukan pengecekan visual, terutama pada sela sempit. Misalnya saat membersihkan area sela pintu, menemukan karat karena baret kecil. Jika ditemui, sebaiknya karat tersebut cepat dihilangkan agar tidak menyebar.

 

Itulah beberapa inspirasi aktivitas yang bisa dilakukan Hyundai Lovers di rumah. Sehingga, ketika mobil kembali digunakan, kondisinya sangat terawat dan nyaman dipakai.