08 March 2024 08:00 WIB

Mitos Atau Fakta? Terobos Banjir Bantu Bersihkan Kolong Mobil

Ketika memasuki musim banjir, banyak pengguna mobil yang sengaja menerobos area banjir yang tidak terlalu dalam, seringkali yang kedalamannya pas dengan ground clearance mobil.

Bahkan seringkali, pengemudi sengaja mengambil rute yang tergenang. Hal ini dilakukan karena menerobos air tersebut dirasa membantu untuk membersihkan kolong mobil.

Apakah hal tersebut mitos atau fakta? Ada baiknya PT Hyundai Mobil Indonesia berikan penjelasan.

Ketika dihadapkan dengan genangan air, justru ada baiknya tidak dilewati, apalagi jika alasan utamanya adalah untuk membersihkan kolong mobil. Karena genangan air seperti saat banjir bukanlah air yang bersih.

Genangan air seringkali mengandung berbagai kotoran serta sedimen yang kurang baik untuk mobil, misalnya banyak pasir dan tanah meskipun seringkali kotoran tersebut tidak kasat mata.

Baca juga: Bisakah Mobil Elektrik Hyundai Menerjang Banjir?

Jika menerabas genangan yang kotor tersebut, justru bisa jadi malah membuat area kolong mobil semakin kotor. Endapan seperti tanah dan pasir bisa saja nyangkut di area kolong mobil dan komponen suspensi.

Kotoran ini tentu bisa saja mempengaruhi ketahanan suspensi hingga berpotensi menyebabkan karat meskipun tidak terlalu signifikan.

Karena itu mencuci kolong mobil dengan melewati genangan air seperti banjir bisa dikatakan mitos. Bukannya membantu membersihkan mobil, hal ini justru berpotensi membuat mobil semakin kotor dan bahkan merusak mobil. 

Ingin servis merawat Hyundai kesayangan? Cukup klik https://hyundaimobil.co.id/booking-service. Hyundai Lovers bisa mengatur jadwal kunjungan bengkelnya. Mudah kok.