20 July 2021 09:51 WIB

Mobil All Wheel Drive Tak Boleh Salah Ukuran Roda

Mobil penggerak semua roda alias All Wheel Drive (AWD) seperti pada Hyundai Palisade Signature AWD yang lengkap dengan sistem Hyundai HTRAC bisa menjadi sebuah pilihan yang handal ketika membutuhkan traksi ekstra pada kondisi tertentu, misalnya basah atau off-road ringan.

Mobil AWD sendiri memiliki kompleksitas tersendiri, karena tenaga yang disalurkan harus bisa dibagi dengan baik ke roda yang memiliki traksi terbanyak. Karena itu, ada komponen tambahan seperti gardan tengah.

Gardan tengah inilah yang bertugas membagi tenaga ke semua roda dari Hyundai Palisade. Oleh karena itu, komponen ini harus dirawat dengan baik. Salah satu cara mudah yaitu jangan menggunakan ukuran roda (ban dan velg) yang berbeda.

Hal ini karena jika menggunakan ukuran yang berbeda, maka gardan tengah bisa mengalami beban yang tidak merata. Jika diteruskan secara terus-menerus, tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan.

Karena itu juga, sangat disarankan ketika terjadi penggantian ban, keempat ban diganti disaat bersamaan agar bebannya juga serupa.

Juga sama halnya dengan velg. Hal ini ditujukan bagi penyuka modifikasi, dimana mungkin saja ia akan memakai ukuran lebar velg yang berbeda (belang) antara velg depan dan belakang. Situasi ini otomatis akan membuat ukuran bannya juga berbeda. 

Dengan memiliki pemahaman tersebut, maka Hyundai Lovers akan melakukan perawatan dan memberi perhatian detail yang bisa mencegah kerusakan mahal ke depannya.