31 December 2021 10:51 WIB

CVVD: Manajemen Katup Pintar Khas Hyundai

Mengejar efisiensi bahan bakar dan tenaga optimal adalah tujuan utama dari Hyundai ketika mengembangkan suatu mesin. Sebisa mungkin mesin menggunakan bahan bakar sedikit dan menghasilkan tenaga yang besar.

Salah satu cara Hyundai mencapai hal ini adalah dengan teknologi Continuously Variable Valve Duration alias CVVD.

Teknologi ini adalah teknologi manajemen katup agar bisa membuka tutup secara optimal di waktu yang tepat, dengan bukaan yang tepat. Hyundai Lovers mungkin lebih mengenalnya dengan nama variable valve timing.

Hal ini karena pada mesin, baik mesin bensin maupun diesel, mendapatkan rasio udara dan bahan bakar pada ruang bakar sangatlah penting. Namun jumlah volume udara yang diperlukan pada RPM tertentu berbeda.

Baca juga: Transmisi DCT Hyundai Santa Fe: Cepat, Halus Dan Responsif

Misalnya pada RPM rendah, tidak diperlukan banyak udara pada ruang bakar. Sehingga, katup tidak perlu membuka lama untuk menghemat bahan bakar karena volume udara yang masuk untuk diimbangi sedikit.

Namun pada RPM tinggi, diperlukan udara yang lebih banyak untuk memberikan tenaga lebih. Sehingga, diperlukan katup yang membuka lebih lama untuk memberikan udara lebih.

Disinilah teknologi CVVD berperan. Pada RPM rendah, maka katup akan membuka untuk durasi singkat. Jika mobil digas dan berada pada RPM tinggi, maka katup akan membuka dengan lebih lama agar lebih banyak udara masuk dan memberikan tenaga lebih.

Sehingga dengan sistem ini, mesin Hyundai bisa lebih efisien dan ramah lingkungan. Tenaga naik hingga 4%, bahan bakar semakin irit 5%, dan emisi bisa menurun lebih dari 12%.