10 December 2019 07:00 WIB

Mobil Listrik yang Bisa Isi Daya dan Parkir Sendiri

Di awal tahun 2019, Hyundai merilis informasi mengenai teknologi mobil listrik yang bisa mengisi daya sendiri secara nirkabel (wireless) dan juga dibekali teknologi yang diberi nama Automated Valet Parking System (AVPS).

Melalui teknologi AVPS ini bisa memudahkan kinerja pengemudi saat harus berkunjung ke lokasi dengan akses parkiran yang ramai, namun telah dilengkapi dengan stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik. Secara sederhana, AVPS merupakan proses komunikasi berkelanjutan itu terintegrasi pada kendaraan listrik, fasilitas parkir, sistem pengisian daya dan pemilik atau pengemudi mobil.

Saat tiba di lokasi, fasilitas parkir akan mengirim lokasi stasiun pengisian daya yang kosong. Saat daya sudah terisi penuh akan ada informasi yang dikirim ke perangkat smartphone pemilik mobil yang telah terkoneksi. Perintah pada kendaraan tersebut dapat diakses oleh pemilik mobil melalui perangkat smartphone-nya, termasuk untuk memanggil mobilnya kembali ke lobi depan atau titik penjemputan.

Hyundai menyebut level 4 kendaraan otomatisnya akan diperkenalkan sekitar tahun 2025, namun sebelumnya pada tahun 2021, Hyundai juga akan mulai memperkenalkan kendaraan otomatisnya di berbagai kota pintar di dunia mulai tahun 2021. Serta di tahun 2030, berencana memperkenalkan mobil otomatis yang sepenuhnya dapat berjalan sendiri (fully autonomous vehicle).

Gambaran mengenai teknologi AVPS ini bisa Anda lihat lebih lanjut di kanal YouTube Hyundai Motor Group dengan judul video “The electric vehicle wireless charging system & automated valet parking system” dengan durasi 1 menit 6 detik.