17 August 2020 18:24 WIB

MODE SESUAI GAYA MENGEMUDI – Eco, Comfort, Sport dan Smart

All New Hyundai Santa-Fe CRDI merupakan Santa-Fe terbaru yang dapat dibeli di Indonesia. Dengan mesin turbo diesel 2.200 cc, mobil ini mendapatkan asupan tenaga sebesar 190 HP dan torsi yang luar biasa sebesar 441 Nm.

Berkat performa mesinnya yang buas, mobil yang bongsor ini dapat berlari dari 0 ke 100 kpj dalam 8,9 detik saja, angka tersebut sudah memasuki teritori mobil performa, jelas ini menunjukkan bahwa Sante-Fe CRDI merupakan SUV dengan performa yang patut diacungi jempol.

Hal tersebut dapat dicapai berkat girboks 8-percepatan yang menjaga mesin tetap dalam RPM optimal. Selain memberikan performa yang optimal, konsumsi bahan bakar pun bisa ditekan karena mobil ini bisa berjalan pada gigi lebih tinggi dan RPM yang lebih rendah.

Hyundai juga melengkapi mobil ini dengan pilihan mode berkendara untuk memenuhi keinginan pengemudi yang berbeda-beda mengikuti situasi.

Mode berkendara tersebut adalah Eco, Comfort, Sport dan Smart. Pada All New Hyundai Santa Fe yang DeepEnd pinjam dari PT Hyundai Mobil Indonesia, juga terdapat 4 mode tersebut. Mari kita kupas satu per satu.

Pada mode Eco, komputer mesin mengedepankan keiritan bahan bakar. Mode ini sempurna bagi pengendara yang ingin berjalan santai dan tidak memikirkan performa, melainkan memikirkan keiiritan bahan bakar. Respon mesin sengaja dibuat lebih pelan agar meminum lebih sedikit bahan bakar.

Lalu beralih ke mode Comfort, mode ini mengedepankan kenyamanan pengendara dan penumpang namun tetap memberikan sedikit performa karena respon tenaganya sedikit lebih responsif dibandingkan dengan Eco.

Lalu Sport, sesuai dengan namanya, mode ini mengubah berbagai variabel pada Santa-Fe supaya lebih sporty dan bertenaga. Perpindahan gigi berubah, setir dibuat lebih berat, respon mesin dibuat maksimal. Mode ini benar-benar diperuntukkan untuk pengendaraan yang menyenangkan.

Terakhir adalah mode Smart, komputer mesin akan mengatur mode berkendara secara otomatis sehingga DeepEnder tidak perlu repot-repot memilih.
Tenaga dan performa tersebut tentunya akan percuma bila mobil ini sulit dikendalikan. Namun, karena suspensi depan menggunakan McPherson Strut dan belakang Multi-Link, pengendalian mobil ini terasa sangat lincah dan minim body roll. Sebuah poin yang luar biasa bagi sebuah SUV 7 penumpang.

Tak hanya itu, berkat fitur-fitur keselamatan seperti Traction Control dan Electronic Stability Control, traksi ban akan tetap terjaga meskipun harus menghadapi medan yang sulit dan torsi mesin yang besar. Ini membuat Santa-Fe tetap mudah dikendalikan bahkan untuk pengemudi yang tidak berpengalaman. 

Share