12 November 2020 23:11 WIB

Pahami Mobil Dan Kenali Situasi Sekitar Mobil Agar Lolos Hadangan Genangan Air

Musim hujan menimbulkan beberapa kenyamanan, seperti udara yang sejuk dan suasana yang mellow. Tetapi, hujan juga seringkali menyebabkan beberapa masalah. Masalah tersebut seperti misalnya hujan badai hingga banjir. Dengan begitu, genangan air bahkan banjir pun terkadang tidak dapat dihindarkan ketika berkendara.

Tentunya, air sangat destruktif bagi mobil, apalagi bila mengenai area tertentu. Karena itu bila harus melewati genangan air, perhatikanlah hal-hal berikut:

 

1. Air Intake

Ketika harus melewati genangan atau banjir, pastikanlah air tidak akan mengenai air intake atau filter udara. Pemilik mobil atau pengemudi harus tahu persis posisi komponen tersebut dimana dan menghadap kemana. Sebab, bila intake udara kemasukan air, maka air akan masuk ke ruang pembakaran dan bisa menyebabkan water hammer. Jika terjadi, maka mesin bisa dipastikan jebol dan harus diganti secara keseluruhan.

 

2. Tes Rem

Setelah melewati genangan tersebut dengan aman, ceklah rem sebagai komponen vital. Rem yang basah tidak akan berfungsi dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pengereman kecil beberapa kali atau sering dibilang “mengocok” pedal rem.

 

3. Maksimalkan Tenaga Mobil

Bila kedua hal tersebut sudah dipastikan aman, maka ketika melewati genangan atau banjir, maksimalkanlah tenaga mobil karena mobil harus mendorong air. Matikanlah AC dan gunakan gigi rendah dan jaga putaran mesin pada RPM optimal.

 

4. Nilai Kedalaman Genangan

Air akan menutupi permukaan jalan sehingga kita tidak tahu seberapa dalam air di depan kita, apalagi bila kita tidak familiar akan medan tersebut. Jika begitu, lihatlah patokan seperti kendaraan lain ataupun objek yang biasanya menempel pada tanah. Jika tidak ada dan terpaksa harus lewat, maka berjalanlah lebih dahulu dan ukur kedalaman air relatif dengan tubuh Anda.

 

Demikianlah Hyundai Lovers cara melalui genangan atau banjir dengan aman. Meskipun tidak diinginkan, kita seringkali terpaksa melakukan hal tersebut. Bila sering terjadi, maka cek lah mobil Hyundai secara lebih berkala.