15 February 2021 13:56 WIB

Penyebab Overheat: Kipas Mesin, Thermostat Dan Radiator

Mengalami overheat atau mesin kepanasan merupakan sebuah hal yang sering terjadi dan juga cukup berbahaya. Pasalnya, bila mesin dipaksa beroperasi pada suhu yang terlalu tinggi, maka akan terjadi kerusakan dari ringan sampai berat dimana mesin bisa-bisa perlu diganti.

Untuk itu, ketika mobil mulai mengalami gejala overheat seperti indikator temperatur yang naik dengan cepat, mobil mulai terasa ngelitik dan kurang tenaga, maka menepilah dan matikan mesin agar suhu turun terlebih dahulu.

Jika mobil secara abnormal mengalami kenaikan suhu dengan cepat, misalnya suhu naik meskipun baru sebentar dipakai, maka ceklah beberapa komponen berikut:

1. Kipas Mesin

Kipas pada mesin bertujuan untuk menarik udara agar lewat radiator dan mendinginkan air radiator yang ada. Jika kipas ini mati, maka radiator akan kekurangan suplai udara dan suhu pun akan meningkat. Jika kipas mati, kemacetan merupakan musuh utama karena hanya sedikit udara yang lewat. Tapi, jika jalanan lancar seperti di tol, suhu akan normal karena angin yang ada saat berjalan cepat.

2. Thermostat

Thermostat berfungsi untuk menjaga suhu di titik optimal, tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin. Jika thermostat tersangkut dan tidak mau membuka, maka hanya sedikit air yang akan melewati radiator dan membuat mesin kepanasan.

3. Air Radiator

Ini merupakan salah satu komponen yang paling mudah dicek. Ceklah isi air radiator, cek juga overflow tank jika ada. Lalu, pastikan air tidak berada di bawah batas minimum ataupun di atas batas maksimum. Juga perhatikan selang radiator apakah dalam kondisi baik? Periksa dengan seksama, sebab kebocoran sekecil apapun yang tak terlihat mata, akan menjadi problem besar di kemudian hari. 

Jika mobil Hyundai anda benar mengalami kerusakan pada komponen-komponen tersebut dengan ciri-cirinya, maka segeralah bawa mobil Anda ke bengkel resmi Hyundai terdekat. Karena pada bengkel resmi Hyundai, mobil Anda akan mendapatkan perawatan dan perbaikan yang terbaik.