02 May 2023 09:56 WIB

Perlukah Membuka Kap Mesin Setelah Perjalanan Panjang?

Seringkali ketika melakukan perjalanan panjang, pengemudi suka membuka kap mesin ketika sedang berhenti, misalnya di rest area.

Mengapa? Karena hal ini dinilai dapat membantu menurunkan suhu mesin setelah operasional yang panjang. Namun, apakah benar? Menurut PT Hyundai Mobil Indonesia, hal ini tidak perlu dilakukan.

Mengapa? Karena meskipun mobil melakukan perjalanan jauh, suhu mesin akan selalu konstan selama komponen pendinginan seperti radiator dan kipas beroperasi dengan baik. Mesin yang berjalan selama 4 jam dan mesin yang berjalan selama 1 jam tidak memiliki perbedaan suhu yang signifikan.

Kemudian, ketika membuka kap mesin, hanya membantu panas keluar dari area permukaan mesin. Internal mesin tidak terlalu terpengaruh oleh ventilasi ekstra tersebut. Lalu jika mobil overheat pun, sebaiknya jangan langsung membuka kap untuk berjaga-jaga jika ada semburan air radiator. 

PT Hyundai Mobil Indonesia bisa menyarankan satu hal, coba siram radiator dengan air dari grill untuk menurunkan suhunya terlebih dahulu bila sudah terlalu panas. Seringkali menggunakan botol air minum yang ditusuk agar bisa disemprot. Hal ini akan membantu menurunkan suhu radiator, baru kemudian membuka kap atau membuka tutup radiator ketika suhu sudah aman.

Baca juga: Amankah Menggunakan Manual Mode Terus Menerus Pada Transmisi IVT?

Jika ada masalah dengan radiator atau komponen pendinginan, segera lakukan servis. Manfaatkanlah layanan Booking Service dari PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service untuk menghemat waktu. 

Ingin bertanya-tanya seputar Hyundai? Manfaatkan juga layanan terbaru PT Hyundai Mobil Indonesia, yaitu Hyundai DITA pada https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita.