01 April 2024 08:00 WIB

Perlukan Tekanan Ban Dinaikkan Saat Mobil Terisi Penuh?

Menjelang mudik lebaran 2024, tentu pemudik yang menggunakan mobil kesayangan seperti Hyundai Stargazer X atau Hyundai Creta akan mengisi mobil dengan berbagai barang maupun penumpang.

Hal ini tentu mempengaruhi beban mobil, suspensi dan tentunya ban. Lantas ada baiknya melakukan sedikit penyesuaian. Yang termudah tentunya adalah pengaturan tekanan udara ban.

Baca juga: Ingin Ganti Velg Lebih Besar? Pertimbangkan 3 Hal ini

Ketika mobil terisi penuh dan harus menanggung beban lebih banyak, ada baiknya tekanan ban turut dinaikkan. Namun kenaikan ini juga tidak boleh terlalu tinggi atau melewati batas tekanan pada ban.

Ada baiknya kenaikan tekanan ban tidak berlebihan, misalnya sebesar 3 Psi dari 35 menjadi 38 Psi. Hal ini untuk membantu ban menopang beban terlebih dengan lebih banyak udara di dalam ban. Ada baiknya untuk mengecek buku panduan kendaraan untuk angka tekanan ban yang lebih pasti.

Jika diisi terlalu banyak, misalnya melebihi 40 psi, ban akan menjadi terlalu keras dan mungkin kurang nyaman. Ban yang terisi udara terlalu tinggi juga rawan pecah bila sudah tidak kuat.

Jika ingin mengecek tekanan ban mobil Hyundai kesayangan Anda, tentu ada beberapa cara, misalnya menggunakan pompa gratis di beberapa SPBU, mengunjungi tempat servis, atau mengecek melalui Tyre Pressure Monitoring System (TPMS).

Mobil Hyundai terbaru sendiri seperti Hyundai Stargazer X tipe Prime sudah dilengkapi dengan fitur TPMS. Sehingga Hyundai Lovers bisa selalu mengecek tekanan ban, bahkan sambil berjalan tanpa repot.

Selain itu sebelum berangkat, ada baiknya melakukan pengecekan pada ban mobil kesayangan Anda. Pastikan kondisinya masih layak supaya bisa tiba di tujuan dan pulang dengan selamat.

Selamat berlibur Hyundai Lovers!