17 February 2022 09:43 WIB

Optimalkan Posisi Mengemudi Dengan Mengatur Ketinggian

Setiap orang diciptakan berbeda. Setiap orang memiliki postur tubuh berbeda. Namun terkadang hal ini menjadi masalah. Karena postur tubuh setiap orang berbeda, beberapa orang menjadi tidak merasa nyaman di posisi mengemudi tertentu. Misalnya bisa saja terlalu jauh dari pedal, setir, atau sulit melihat ke depan.

Masalah pertama dan kedua solusinya sederhana, bisa mengatur jok dan sandaran ke depan atau belakang sampai posisi nyaman. 

Namun bagaimana soal visibilitas pengemudi pada area jalanan di depan? 

Jika merasa sulit melihat ke depan, tenang saja. Mobil-mobil yang disediakan PT Hyundai Mobil Indonesia telah memiliki pengaturan tinggi untuk pengemudinya, misalnya lini SUV Hyundai Creta, Hyundai Santa Fe maupun Hyundai Palisade.

Baca juga: Buat Perjalanan Semakin Nyaman Dengan Hyundai

Untuk Hyundai Creta, karena masih menggunakan pengaturan manual, ada tuas seperti pompa yang bisa dinaikkan ketika ingin menaikkan posisi jok. Sisanya? Sudah menggunakan sistem jok elektrik sehingga hanya perlu menggunakan tombol.

Ketika mengatur tinggi, upayakan posisinya nyaman, tangan tidak terlalu turun ketikaa memegang setir. Sehingga, atur juga posisi setir, apalagi model seperti Hyundai Santa Fe sudah lengkap dengan Tilt & Telescopic Steering.

Pastikan posisi mengemudi nyaman bagi Anda dan sesuai dengan karakter mengemudi. Posisi yang tinggi akan memberikan rasa ‘commanding’ dan mudah melihat ke luar dan sekeliling mobil.

Posisi yang lebih rendah akan memberikan rasa yang lebih sporty, namun mungkin akan lebih sulit melihat keluar.