22 July 2021 10:33 WIB

Rem Berbunyi? Alarm Tanda Kampas Rem Telah Aus

Pernahkah Hyundai Lovers mendengar bunyi dari rem mobil Anda ketika melakukan pengereman, bahkan ketika melakukan pengereman ringan?

Apakah bunyinya seperti besi bertemu besi yang saling menggesek sehingga terdengar suara yang cukup nyaring?

Tenang saja, hal tersebut tidak akan menimbulkan biaya besar untuk perbaikannya. Bahkan, suara tersebut sebenarnya sengaja dibuat. Namun, ketika suara ini muncul, ada baiknya mobil langsung dibawa ke bengkel.

Mengapa suara ini sengaja dibuat? Karena bisa jadi yang Hyundai Lovers dengar adalah penanda kampas rem akan habis.

Pada beberapa kampas rem, ada sedikit besi yang diletakkan di tengah-tengah kampas. Sehingga ketika kampas rem sudah mulai habis, misalnya ketika tersisa 20%, maka besi tersebut akan melakukan kontak dengan piringan rem, menimbulkan bunyi tersebut.

Tentunya ini untuk keselamatan Hyundai Lovers dan untuk selalu mengingatkan akan kondisi kampas rem. Karena patut diingat, banyak yang seringkali lupa mengecek kondisi remnya, atau mungkin kurang tahu apa batasan sebuah kampas disebut tipis.

Jika kampas rem tidak dilengkapi dengan pengingat kecil ini, maka selalu ingat untuk mengecek ketebalan kampas rem secara rutin ya. Biasanya, ketebalan 5 mm sudah dianggap tipis dan harus diganti.

 

Share