22 March 2021 10:55 WIB

Saat Hujan Pengecasan Mobil Listrik Tetap Aman

Listrik bertemu dengan air, pastinya menyeramkan. Banyak kasus konsleting karena komponen yang dialiri listrik misalnya kabel dan colokan terkena air yang menjadi konduktor, menyebabkan arus pendek.

Mobil listrik seperti Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq Electric pun sering dianggap menakutkan, terutama saat melakukan pengecasan. Banyak yang bertanya, “Bagaimana kalau mobil sedang dicharge di luar ruangan dan turun hujan?”

Jawabannya: Aman!

Faktor alam seperti hujan deras sudah dipikirkan oleh para insinyur Hyundai. Tentunya sudah disiapkan berbagai cara untuk mencegah korsleting listrik.

Pertama, ketika tercolok, maka kepala charger dan soket listrik pada mobil dibuat kedap air. Hal ini membuat pengisian daya saat hujan menjadi aman.

Kemudian, lubang colokan pada mobil memiliki tutup yang juga kedap, hal ini menjadi proteksi air bertambah ketika tidak melakukan pengisian daya.

Sehingga memiliki mobil listrik pun tidak akan menakutkan dan tentunya aman layaknya mobil bermesin pembakaran internal pada umumnya.