12 May 2023 10:39 WIB

Mengapa Wireless Charger Hyundai Bisa Tidak Berfungsi?

Wireless charger untuk smartphone Anda kini sudah tersedia pada beberapa tipe mobil Hyundai, mulai dari Hyundai Stargazer sampai dengan Hyundai Staria. Untuk menggunakannya, tinggal meletakkan smartphone pada panel wireless charger dan daya baterai akan langsung diisi.

Namun, Anda mungkin pernah mengalami kalau sistem ini tidak bekerja. Apa penyebabnya? Ada beberapa hal yang mungkin bisa membuat sistem wireless charger tidak berfungsi:

1. Tidak Dinyalakan

Fitur wireless charger bisa dinyala matikan melalui menu pada instrument cluster mobil Hyundai Anda. Pada bagian pengaturan, pastikan bagian “Wireless Charging” atau “Pengisian Daya Nirkabel” tercentang.

2. Smartphone Tidak Memiliki Fiturnya

Tidak semua smartphone memiliki fitur wireless charging. Karena, sistem wireless charging memerlukan sebuah coil magnet yang tertanam pada smartphone. Pastikan bahwa smartphone memiliki kapabilitas wireless charging untuk menggunakan fitur ini.

3. Casing Smartphone

Jika smartphone sudah mendukung, pengaturan sudah aktif, namun masih tidak bisa, casing pada smartphone bisa menjadi penyebabnya. Beberapa casing yang tebal mungkin menghalangi coil magnet wireless charger untuk berfungsi yang membuatnya tidak bisa menghantarkan listrik. Cobalah untuk melepas casing atau menggunakan casing yang memiliki kapabilitas wireless charging.

Baca juga : Wireless Charger Mobil Hyundai Untuk Smartphone

4. Smartphone Terlalu Panas

BIla pengisian daya sudah dimulai namun mendadak terhenti, bisa saja karena suhu smartphone terlalu panas. Metode wireless charging adalah metode pengisian daya yang cukup panas sehingga untuk melindungi perangkatnya, smartphone biasanya akan mematikan pengisian daya secara otomatis bila sudah terlalu panas.

4 cara itu adalah cara utama untuk mengecek bila terjadi kendala dengan sistem wireless charging.